Sosialisasi dan Implementasi SIMGAJI Berbasis Web Based bagi Pengelola Gaji Kabupaten Sleman

BKAD menyelenggarakan Sosialisasi dan Implementasi SIMGAJI Berbasis Web Based bagi Pengelola Gaji Kabupaten Sleman, bertempat di RR IIIA Lt.3 BKAD Kab.Sleman. Rangkaian kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Subbidang Belanja, Bidang Perbendaharaan Agus Wahyu Arimindarko, SE. Hadir sebagai narasumber Membership Section Head Yogyakarta PT. Taspen (Persero), Hartono dan didampingi oleh Membership Section Staff Yogyakarta, Amin Pinanto. Acara yang diselenggarakan oleh Bidang Perbendaharan ini dihadiri oleh 111 pengelola gaji Kabupaten Sleman, yang di bagi menjadi 3 sesi, yaitu Rabu 6 April – Jumat 8 April 2022.

Hartono menjelaskan Sistem Informasi Manajemen Gaji (SIMGAJI) adalah sistem aplikasi penggajian yang dibangun oleh PT. Taspen (Persero) yang berfungsi untuk pengelolaan data gaji PNS Daerah pada Pemerintah Provinsi/ Kabupaten/ Kota melalui Teknologi Informasi yang berbasis jaringan sehingga dapat diakses dan terintegrasi dengan unit kerja lainnya serta dapat menyajikan data secara akurat, tepat dan up to date.

Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Foxpro, dan merupakan  aplikasi berbasis desktop. Namun aplikasi simgaji ini bisa digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lain dalam sebuah server di jaringan intranet ataupun jaringan lokal. Aplikasi ini sangat mempermudah dalam pengelolaan gaji PNS secara komputerisasi. Aplikasi SIMGAJI ini digunakan sebagai aplikasi hulu hilir dalam pengelolaan gaji PNS, dari PNS mulai masuk kerja, entah itu sebagai CPNS baru, ataupun PNS pindahan, Hingga PNS tersebut berhenti baik pensiun secara normal, berhenti atas permintaan sendiri, ataupun pindah ke Instansi Lain. Aplikasi SIMGaji Taspen juga digunakan untuk memproses kenaikan pangkat PNS, Kenaikan Gaji Berkala, perubahan tunjangan jabatan Eselon atau Struktural, fungsional maupun tunjangan khusus yang melekat pada gaji PNS. Fitur lain Aplikasi ini adalah untuk menambah tunjangan istri/suami dan anak (tunjangan keluarga PNS), berikut memasukkan nama keluarga dari PNS yang bersangkutan. Bahkan sampai pembuatan SKPP (Surat Keterangan Penghentian Pembayaran) Gaji, baik itu untuk PNS pensiun, wafat, pindah, berhenti atau karena lainnya, dapat di akomodir oleh aplikasi SIMGaji Taspen.

Amin Pinanta menambahkan bahwa SIMGAJI merupakan aplikasi atau Sistem Informasi yang digunakan untuk mengelola Gaji PNS di Pemda Aplikasi simgaji Taspen memiliki banyak sekali fitur dan keunggulan. Adapun fitur dari aplikasi simgaji Taspen ini diantaranya adalah :

  1. Gratis
  2. Mudah digunakan atau User Friendly
  3. Dapat digunakan untuk klien dan server
  4. Mendukung pengunaan kertas untuk Cetak Amprah Gaji yang besar (A3) maupun kertas kecil (A4/F4)
  5. Memiliki pengguna yang banyak se Indonesia.
  6. Aplikasi yang ringan.
  7. Dapat dijalankan di berbagai Platform Windows (Termasuk Windows 10)
  8. Terdapat Tutorial Pemakaian untuk user dan administrator.

Diharapkan sosialisasi ini akan memudahkan bagi Pengelola Gaji Kabupaten Sleman mendapatkan kemudahan penyediaan data dalam rangka rekonsiliasi data dan iuran wajib pegawai, serta meningkatkan kualitas dan kecepatan informasi data yang dibutuhkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*